PHP Comment (Komentar Pada PHP)

PHP Comment atau Komentar pada PHP digunakan untuk mempermudah anda dalam mengerjakan program yang besar. Komentar ini tidak akan ditampilkan dalam browser.

Jika pengunjung website anda melihat kode asal anda, maka merekapun tidak akan dapat melihat komentar tersebut. Berbeda komentar pada HTML yang pengunjung dapat melihatnya melalui kode sumber.

PHP Comment – SINTAKS KOMENTAR: SINGLE LINE COMMENT

PHP memiliki 2 tipe penulisan komentar, tipe pertama telah kita gunakan pada pelajaran sebelumnya dan mari kita bahas lebih lanjut. Untuk menuliskannya kita menggunakan  “//” atau “#”. Perhatikan contoh berikut:


<?php
//saya single line comment,
//tidak akan tampil dalam browser
echo "Saya adalah teks";
//echo "Tidak tampil";
#echo "tidak akan tampil";
?>

Output
Saya adalah teks

Perhatikan perintah echo yang diawali script komentar, echo tersebut  tidak akan dieksekusi. Single komentar biasa digunakan sebagai catatan singkat tentang kode yang kompleks.

PHP – SINTAKS KOMENTAR:  MULTIPLE LINE COMMENT

Multiple line comment digunakan untuk blok kode yang besar atau menulis beberapa single line comment. Multiple line comment diawali dengan /* dan diakhiri dengan */. Baca perbedaan single line comment dan multiple line comment.


<?php
/*
saya single line comment,
tidak akan tampil dalam browser
*/
echo "Saya adalah teks";
/* echo "Tidak tampil";
echo "tidak akan tampil"; */
?>

Output
Saya adalah teks

Pada contoh diatas, tulisan kode yang terletak antara tag /* dan */ akan dibaca sebagai komentar.

BIASAKAN MENULIS KOMENTAR

Pada saat menuliskan program entah dari bahasa pemrograman apa, sebaiknya anda menuliskan komentar singkat yang menjelaskan tentang tujuan dari skrip tertentu.

Karena hal tersebut akan sangat bermanfaat kedepannya. Mungkin untuk masa yang pendek kita bisa mengingat misalnya skrip ini untuk apa, tapi bagaimana jika anda ingin mengembangkan program yang telah anda buat setahun kemudian.

Jadi anda dianjurkan untuk menyertakan komentar pada skrip yang dirasa perlu untuk diberikan komentar. Demikian pembahasan mengenai komentar pada php.

Please follow and like us:

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *